BERBAGI

Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Pengguna yang memiliki keterbatasan memilih Opera karena komitmennya terbukti aksesibilitas dan kepatuhan standar. Ini juga menarik mengikuti global, yang telah dirilis pada 60 bahasa selain bahasa Inggris.

Opera tidak mungkin memenangkan perang browser dalam beberapa tahun terakhir, tapi aplikasi ini masih banyak digunakan dengan menempati urutan keempat dalam kancah peramban. Banyak pengguna pertama menemukan Opera Software pada smartphone mereka. Opera Mini, browser ponsel perusahaan, terkenal karena kecepatan dan efisiensi. Fungsi JavaScript yang memungkinkan kode kustom untuk digunakan pada halaman web, menawarkan beberapa penyesuaian seperti pengguna GreaseMonkey di Firefox.

Opera Web Browser dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh peramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya. Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.

Opera juga dirancang untuk pengguna yang memiliki gangguan visual atau motorik. Sebagai browser multimodal, juga menyediakan berbagai preferensi pribadi di dalam user interface. Hal ini memungkinkan kita untuk mengontrol hampir setiap aspek dari browser hanya dengan menggunakan keyboard, dan default shortcut keyboard dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Opera adalah satu-satunya browser yang memiliki kemampuan untuk navigasi spasial, yakni berupa fitur mouse gestures. Pola gerakan-gerakan mouse memicu reaksi browser seperti “kembali” atau “refresh”.

Opera memiliki beberapa fitur keamanan. Salah satunya adalah pilihan untuk menghapus data pribadi, seperti dalam HTTP cookie, browsing history, dan cache. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghapus data pribadi setelah browsing dari komputer di tempat umum.

Opera browser hadir dalam versi Bahasa Indonesia untuk pertama kalinya dalam versi 9.6. Situs Opera juga hadir dalam bahasa Indonesia, sejak bulan Februari 2010. Selain itu, terdapat pula Komunitas Opera Indonesia. Komunitas Opera Indonesia adalah komunitas resmi dari Opera Software yang dibuat oleh sekumpulan blogger My Opera Indonesia. Di Indonesia, varian browser Opera yang paling banyak digunakan adalah Opera Mini, bahkan jumlah pengguna Opera Mini di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia.

Opera Technical Information

Judul Opera 38 Terbaru
Lisensi Freeware
Nama File Opera_38.0.2220.41_Setup.exe
Size MB
Rilis 02 Agustus 2016
Bahasa Multiple language
Homepage www.opera.com
Platform Semua Windows
Download Opera 38 Final Standalone

PERHATIAN!
Untuk cara downloadnya Anda akan diarahkan ke adf.ly kemudian tunggu 5 detik dan cari tombol SKIP AD yang berada di sebelah kanan atas monitor anda.