Adobe AIR adalah singkatan dari Adobe Integrated Runtime yang biasanya digunakan untuk Menjalankan atau membangun Aplikasi atau game menggunakan flash, Adobe Flex, Html ataupun Ajax yang aplikasi/game nya dapat di jalankan di desktop. Adobe AIR merupakan cross-platform runtime environment yang mana berfungsi untuk menjalankan aplikasi web secara sempurna.

Adobe Air yang awalnya air ini dinamakan Apollo yg dirilis pada 19 Maret 2007 oleh Adobe, pada tanggal 10 juni 2007 nama Apollo diganti jadi Air. Adobe Air ini singkatan dari Adobe Integrated Runtime yang merupakan Runtime Environment antar platform yang dibangun menggunakan Adobe Flash, Adobe Flex, HTML, dan Ajax yang dapat dipasang sebagai aplikasi desktop, manfaat dari adobe air adalah sebagai media antar muka yang bekerja pada beragam platform yang jalan pada sistem operasi windows, linux ataupun macos layaknya andriod, iphone dsb. Aplikasi desktop dari air dapat kita bikin terhubung dengan internet, contohnya sebuah mp3 player yang bisa mencari lirik lagu secara online, dll.

 

Adobe Air ini belum begitu banyak yang menguasai, mengingat Adobe Air ini baru dirilis awal tahun 2008, Adobe AIR adalah cross-platform runtime system yang memungkinkan web developer untuk mengembangkan dan menjalankan RIA (Rich Internet Application) layaknya aplikasi desktop, aplikasi AIR ini di-install pada desktop dan bisa beroperasi secara offline, web developer bisa membangun aplikasi desktop dengan HTML, JavaScript, Flex dan Flash dengan program Adobe Air ini. Yang membedakannya dengan aplikasi web biasa yang berjalan di browser, Adobe Air ini berkemampuan untuk mengakses data yang tersimpan pada computer local, bisa membuka , menyimpan, mengedit data dan informasi pada computer client. Sebenarnya Adobe AIR itu aplikasi web atau desktop? Jawabannya bisa semuanya Karena karakteristik aplikasi AIR ini cukup unik, yaitu berjalan di desktop tapi dikembangkan dengan bahasa pemrograman web. Program Aplikasi yang menggunakan Adobe Air ini masih jarang dan bisa dikatakan bagus.

Diera Modern ini banyak sekali aplikasi yang dibuat dan membuthkan Adobe Air, karena semuanya berhubungan dengan internet

Pernah menemukan Aplikasi yang menginstegrasikan suatu website dengan Aplikasi desktop?nah. Contoh aplikasi yang memerlukan Adobe Air adalah, Aplikasi Pencari Lirik, Aplikasi Desktop yang digunakan untuk mencari Video yang terintergasikan ke Youtube. seperti itu lah contohnya, jadi Adobe Air juga sangat penting di install di Komputer selain Adobe Flash.

Apa yang membedakan Adobe AIR dengan Flash Player? Flash Player lebih banyak digunakan untuk menghadirkan feature Flash di dalam web browser, sedangkan Adobe AIR dapat digunakan sebagai aplikasi sendiri yang berjalan di luar browser. Namun, kedua feature tersebut memiliki kode, aset, framework, tool, dan layanan yang sama.

Adobe AIR (Adobe Integrated Runtime sebelumnya) adalah sistem runtime cross-platform yang dikembangkan oleh Adobe Systems untuk membangun aplikasi desktop dan aplikasi mobile, diprogram menggunakan Adobe Flash, ActionScript dan opsional Adobe Flex. Runtime mendukung aplikasi diinstal pada Windows, OS X dan sistem operasi mobile seperti Android, iOS dan BlackBerry Tablet OS. Hal ini juga awalnya berjalan pada Linux, namun dukungan dihentikan pada versi 2.6 pada tahun 2011.

Adobe AIR adalah lingkungan runtime yang memungkinkan Adobe Flash konten dan ActionScript 3.0 kode untuk membangun aplikasi dan video game yang berjalan di luar browser web, dan berperilaku sebagai aplikasi asli pada platform yang didukung. Sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk Flash Player atau HTML5 dan disebarkan di browser tidak memerlukan instalasi, sementara aplikasi AIR memerlukan instalasi dari file installer (Windows dan OS X) atau sesuai App Store (iOS dan Android). Aplikasi AIR memiliki akses tak terbatas ke penyimpanan dan berkas sistem lokal, sementara aplikasi berbasis browser hanya memiliki akses ke file individual dipilih oleh pengguna.

Adobe AIR internal menggunakan Flash Player mesin rendering, dan ActionScript 3.0 sebagai bahasa pemrograman utama. Aplikasi Flash harus secara khusus dibangun untuk Adobe AIR untuk menggunakan fitur tambahan yang disediakan, seperti multi-touch, integrasi sistem file, ekstensi klien asli, integrasi dengan Taskbar atau Dock, dan akses ke accelerometer dan GPS perangkat. aplikasi HTML5 dapat berjalan pada mesin WebKit termasuk dalam AIR.

Adobe AIR System requirements

Windows

2.33GHz or faster x86-compatible processor, or Intel Atom™ 1.6GHz or faster processor for netbook class devices
Microsoft® Windows Server 2008, Windows 7, or Windows 8 Classic
512MB of RAM (1GB recommended)
AIR SDK Development Supports Microsoft® Windows 7 and above, 64-bit only

Mac OS

Intel® Core™ Duo 1.83GHz or faster processor
Mac OS X v10.7, and above
512MB of RAM (1GB recommended)
AIR SDK Development supports Mac OS 10.7 and above, 64bit only

Android

ARMv7/x86 processor with vector FPU, minimum 550MHz, OpenGL ES 2.0, H.264 and AAC HW decoders
Android™ 2.3 and above
256MB of RAM

iOS

iPod Touch 4 and above, iPhone 4 and above, iPad 2 and above
iOS 6.1 and above

Adobe Access clients for protected content playback

Windows: Microsoft Windows Vista (32 bit and 64 bit), or Windows 7 (32 bit and 64 bit) for Adobe AIR® 2.5 or later
Mac OS: Mac OS X v10.7 (32 bit and 64 bit) for Adobe AIR 2.5 or later
Linux: openSUSE 11.3 or later (32 bit and 64 bit), RHEL 5.6 or later (32 bit and 64 bit), or Ubuntu 10.04 or later (32 bit and 64 bit)
Android 4 and above

Web Page: https://get.adobe.com/air/

Download Adobe AIR 18.0

Loading...